Home » , » cara membuat almari plywood dengan finising HPL

cara membuat almari plywood dengan finising HPL

langkah pertama untuk membuat almari plywood adalah menyiapkan alat alat pokoknya.

yaitu table cutting (alat pemotong yang diam di meja) biasanya bisa membuat modifikasi sendiri atau membeli yang sudah ada di pasaran.bila cutting aluminium yang bergerak adalah cuttingnya bila table cutting yang bergerak plywoodnya.
cara mengerjakan yang paling mudah adalah seperti membuat aquarium kaca atau rak rokok yang langsung menggunakan kaca.selain alat pokok tersebut diatas juga harus disiapkan neil gun (paku tembak,biasanya menggunakan tenaga air compresor), dan alat alat pendukung pertukangan (tukang kayu).
setelah alat alat siap selanjutnya bahan yang perlu disiapkan adalah plywood minimal ketebalan 8 mm dan semakin tebal semakin bagus, lem kayu, HPL,lem serba guna, kertas gosok (amplas),accesories seperti handle pintu, engsel dan lain lain.
kemudian potonglah plywood sesuai bentuk yang diinginkan atau sesuai pesanan semuanya ingat plywood harus sudah dipotong semuanya agar langkah kerjanya bisa direncanakan sesuai gambar.
dan yang harus di perhatikan dalam memotong plywood tersebut adalah ukuran kemiringan derajatnya harus benar benar akurat dan presisi agar hasil nya siku dan simetris.
contohnya bila memotong dengan kemiringan 35 derajat dalam satu sudut, sudut yang lain juga harus 35 derajat dan bila memotong 0 derajat atau lurus pastikan hasil potongan dicek menggunakan siku setelah di potong menggunakan mesin.
langkah ini tujuannya agar sewaktu merangkai plywood hasilnya presisi.
kemudian selanjutnya merangkai potongan potongan plywood yang sudah direncanakan tadi sebelum ditempelkan dengan plywood lainnya beri lem kayu dahulu kemudian ditempel dan di paku tembak atau bisa juga di sekrup.
setelah semua plywood ditempel dan sudah menjadi kerangka alamari sesuai keinginan langkah selanjutnya adalah memasang pintu,laci atau sekat ruangan bila sekat ruangan menggunakan kaca tinggal pasang accesoriesnya dan bila menggunakan bahan yang sama yaitu plywood harus di pasang dulu seperti pemasangan awal tadi.


setelah semua terpasang yaitu kerangka, pintu,laci dan sekat ruangan(bila sekat terbuat dari plywood) langkah selanjutnya adalah memotong HPL,potonglah HPL menggunakan table cutting yaitu sama dengan alat untuk memotong plywood cuma yang perlu diperhatikan ukuran nya ditambah 1cm dari bidang yang akan di tutup atau dilapisi HPL.
selelah semua bidang yang akan ditutup atau dilapisi HPL sudah disiapkan potongannya kemudian lem di kedua sisi baik di bidang HPL maupun di bidang plywoodnya menggunakan lem serba guna.
setelah itu tunggu beberapa menit sampai lem di kedua sisi benar benar kering(cara terbaik pengeleman adalah dengan cara dilem yang sangat tipis tapi benar benar rata).
setelah yakin kering kemudian tempelkan HPLpada plywood lakukan dengan hati hati dan dari pinggir agar tidak menggembung kemudian tekan dan ratakan.
setelah yakin rata dan tidak ada yang menggembung kemudian haluskan bagian pinggir atau setiap sudut yang lebih 1cm tadi bisa menggunakan alat router tangan maupun kertas gosok(amplas).lakukan pemasangan lapisan HPL mulai dari bagian yang dalam. 

0 komentar:

Posting Komentar